Office
Graha Surveyor Indonesia 16th Floor
Jl.jend.Gatot Subroto Kav. 56
Jakarta 12950 - Indonesia
phone. (6221) 5265188 - 89
Fax. (6221) 5265190
admin@jmtlawhouse.com
jmtlawhouse.com

Simak Daftar Proyek Kereta Api yang Bakal Rampung di 2018

 

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mempercepat pengerjaan beberapa proyek kereta api di Indonesia. Setidaknya ada 13 proyek kereta api yang siap beroperasi pada tahun ini.

Semua itu diawali dengan peresmian pengoperasian kereta api (KA) Bandara Soekarno – Hatta, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak Perawatan dan Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian Milik Negara (IMO) Tahun 2018.

“Setelah pelaksanaan kedua kegiatan di atas, ada 13 proyek perkeretaapian yang direncanakan akan siap operasi pada tahun 2018 ini,” kata Dirjen Perkeretaapian Zulfikri di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

 

Proyek tersebut diantaranya KA Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat sepanjang kurang lebih 26 kilometer (km). Proyek ini rencananya akan beroperasi pada Maret 2018.

Kemudian proyek Jalur Ganda KA lintas Prabumulih – Kertapati, Sumatera Selatan sepanjang 85 km. Kemudian dilanjutkan dengan pengoperasian Jalur Ganda KA lintas Martapura – Baturaja, Sumatera Selatan sepanjang ±32 Km pada April 2018.

Memasuki rentang waktu bulan Juni hingga September 2018, untuk pertama kalinya di Indonesia, akan dioperasikan 2 proyek LRT dalam waktu yang hampir berdekatan pada Juni 2018.

Proyek tersebut, yaitu LRT Sumatera Selatan sepanjang 23,4 Km dan LRT DKI Jakarta (Jakpro) sepanjang 5,8 Km.

Kemudian, dalam rangka mendukung KEK Sei Mangkei di Sumatera Utara, akan dioperasikan Jalur kereta menuju pelabuhan pada lintas Bandar Tinggi – Kuala Tanjung sepanjang 21,5 km.

Beralih ke Wilayah Jabodebek, tepatnya di bulan September 2018, dalam rangka mendukung pengoperasian DDT lintas Manggarai – Cikarang, akan dioperasikan 5 Stasiun baru, yaitu : Stasiun Kranji, Stasiun Cakung, Stasiun Klender, Stasiun Klender Baru dan Stasiun Buaran. Selain itu, juga turut dioperasikan Dipo Kereta Api Cipinang.

Zulfikri menambahkan, yang teristimewa dan yang sudah ditunggu oleh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Sulawesi, adalah pengoperasian Jalur KA segmen Barru – Palanro sepanjang 44 km.

“Hal ini menjadi momen yang bersejarah, karena setelah sekian lama dinantikan, pada bulan Oktober 2018, angkutan Kereta Api akan kembali beroperasi di wilayah Sulawesi,” kata dia.